Minggu, 27 Desember 2009

Penggunaan Hewan Langka Dalam Pengobatan Tradisional Cina


Pengobatan tradisional Cina dikenal sebagai salah satu alternative pengobatan yang sudah ada setidaknya sejak 3000 tahun yang lalu dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari warisan budaya Cina. Pengobatan tradisional Cina menggunakan bahan – bahan yang berasal dari tanaman alami, mineral dan binatang, termasuk jenis spesies hewan yang terancam kepunahan seperti harimau dan badak.
Meskipun banyak spesies yang digunakan dalam pengobatan tradisional Cina telah dilindungi oleh undang-undang nasional dan internasional , perdagangan illegal dan perburuan liarnya tetap berjalan sehinga populasinya mencapai ambang kritis dalam dua dekade terakhir.
Selama berabad-abad, tulang harimau adalah pilihan pengobatan untuk penyakit sendi seperti arthritis, sementara cula badak telah digunakan untuk mengobati demam, kejang-kejang dan delirium. Empedu dari kantung empedu beruang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, dari radang infeksi bakteri.
Meskipun banyak praktisi pengobatan tradisional Cina yang saat ini menolak penggunaan satwa langka tersebut, namun perburuan tetap berlanjut, karena sangat sulit mengubah kebiasaan menggunakan bagian-bagian tubuh binatang dalam pengobatan tradisional ini.
Karena penggunaannya dalam obat-obatan –ditambah dengan faktor-faktor lain seperti hilangnya habitat mereka – maka populasi harimau hanya tersisa sedikitnya 5.000 hingga 7.000 di alam liar. Jika penggunaan tulang harimau dalam pengobatan tradisional Cina terus berlanjut, maka besar kemungkinan harimau yang merupakan simbol kekuatan akan hilang pada generasi mendatang.
Demikian pula halnya dengan badak. Cula badak telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina selama berabad-abad untuk mengobati demam, kejang-kejang dan delirium. Tapi sekarang hanya sekitar 3.100 badak hitam di Afrika yang bertahan. Di Asia, situasi bahkan lebih mengerikan, dengan hanya sekitar 2.800 dari tiga spesies Asia digabungkan.

WWF sebagai organisasi dunia yang menaruh perhatian serius pada masalah ini, bersama TRAFFIC telah bekerja dengan praktisi pengobatan tradisional Cina dan konsumen untuk meningkatkan kesadaran akan penderitaan spesies terancam dengan mempromosikan pengobatan alternatif yang menggunakan bahan-bahan herbal yang dapat dipanen secara terus-menerus.(Sumber:WWF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar