Senin, 07 Desember 2009

Gletser Di Gunung Everest Mencair!


Pemanasan Global Ancam 1.3 Miliar Jiwa

Kompas, 5 Desember 2009

Perubahan iklim akibat pemanasan global telah menyebabkan mencairnya gletser di puncak gunung Everest dan mengancam penduduk sekitarnya.
Gletser diketahui telah mencair dengan cepatnya sehingga membentuk sebuah danau glasial yang besar. Dinding danaupun tampak dalam kondisi rawan jebol. Diperkirakan bencana alam akibat banjir bandang tidak hanya mengancam jutaan jiwa warga di lereng dan kaki gunung Everest, tetapi juga bisa meluluhlantakkan jutaan areal pertanian, sumber-sumber ekonomi dan pemukiman warga.

Es dan salju yang mencair ini lambat laun membuat rute (trek) pendaki gunung tidak stabil dan lebih sulit dilalui. "Bukit dan gunung biasanya selalu tertutup salju sekalipun pada musim panas. Sekarang salju hanya tampak di puncak tertinggi Everest,"ujar salah seorang warga Syangboche.

Penduduk Terancam

Para ilmuwan telah mengingatkan, jika gletser terus-menerus mencair hingga akhirnya hilang, kekeringan akan melanda Asia dalam beberapa dekade mendatang dan 10 sungai besar yang bersumber di Everest bisa kering. Hal itu menjadi ancaman besar bagi penduduk yang selama ini bergatung pada sungai-sungai itu.

3 komentar:

  1. waduuuuhh..
    gawat bgt nih..
    serem..
    wah.. tanda2 apa nih??
    let's heal tha world dong.. :)

    BalasHapus
  2. waaahhhh..
    info yg penting bgt nih..
    tanda-tanda apa ini??
    let's heal the world... :)

    BalasHapus
  3. Beginilah kalau ribut2 save our earth tapi hanya dibibir saja. Banyak kalangan yg menggebu-gebu meneriakkan issue global warming, tapi di rumah, ACnya ada di tiap ruangan, buang sampah sembarangan dan tidak berupaya menghijaukan lingkungan sekitarnya.

    BalasHapus