Rabu, 23 Desember 2009

Mengecat Kembali Permukaan Batuan Dengan Warna Putih Kurangi Laju Pencairan Gletser


Pemanasan global memang membuat banyak orang berpikir untuk menemukan solusi yang tepat dalam menghadapinya. Mencairnya lapisan-lapisan es dan gletser di banyak puncak pegunungan juga menjadi salah satu perhatian banyak pihak. Salah satunya adalah sebuah organisasi non pemerintah yang peduli dengan perubahan puncak pegunungan Andes di Peru. Lapisan es di puncak gunung tersebut telah menghilang sebesar 30% selama 30 tahun.

Eduardo Gold, presiden Glacier, organisasi non pemerintah yang mendapatkan pendanaan dari World Bank dan menduduki posisi finalis dari kontes yang diadakan lembaga keuangan tersebut, memberikan saran bagi komisi perubahan iklim di parlemen Peru.

Menurut Gold, sedikit demi sedikit lapisan es berkurang dan menjadikan permukaan tanah dan batuan yang berwarna lebih gelap menjadi terlihat. Akibatnya proses pencairan mendapatkan akselerasi dari panas yang diserap olehnya. Warna gelap memang bersifat lebih mudah menyerap panas.

Gold menambahkan bahwa ada langkah mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Di berbagai bangunan dan gedung perkotaan, atap-atapnya dilapisi cat dengan warna putih. Alasannya, putih lebih banyak memantulkan sinar matahari dan banyak energi berupa panas yang dipantulkan kembali ke udara.

Sama halnya dengan yang dilakukan di atap-atap bangunan atau gedung di perkotaan, maka permukaan tanah dan batuan di mana banyak terdapat lapisan es perlu dilapisi dengan cat berwarna putih. Hal tersebut untuk menurunkan suhu batuan dan memperlambat mencairnya lapisan es.

Gold juga menambahkan bahwa cat yang nantinya digunakan merupakan cat ramah lingkungan yang terbuat dari bahan dasar kapur putih dan tidak dicampur dengan komponen-komponen berbahan-bahan kimia. Cat tersebut juga mudah dibuat sendiri oleh masyarakat lokal dan sekaligus menciptakan 15.000 lapangan kerja selama lebih dari lima tahun. Sumber:Planethijau.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar