Selasa, 17 November 2009

Tips Penting Untuk Hidup Sehat


Hidup sehat sepertinya mulai menjadi barang mahal saat ini. Di tengah perubahan pola hidup manusia modern yang sarat dengan kepraktisan, seringkali kita tidak menyadari bahaya yang timbul akibat kurangnya kesadaran kita untuk belajar hidup sehat. Kita tentu sering mendengar makin banyaknya penyakit-penyakit serius yang hingga kini belum ditemukan cara penyembuhan dengan hasil maksimal seperti kanker, jantung, AIDS dan lain sebagainya. Hidup sehat tidak saja meningkatkan daya tahan dan kelenturan tubuh, tapi juga memperpanjang usia. Bukan hal yang sulit untuk menjalankan pola hidup yang benar, untuk itu ikuti tips berikut:

Jangan Malas Beraktivitas!
Menjaga tubuh tetap aktif tidak berarti harus berada di tempat olahraga sepanjang waktu. Lakukan hal-hal kecil yang menyenangkan seperti membersihkan rumah, mencuci kendaraan, berkebun, berjalan kaki ringan dan hindari elevator, pakai tangga biasa.

Merokok Itu Ketinggalan Jaman

Lebih mudah bicara dibandingkan dengan melakukan. Memang benar. Tapi demi kesehatan, carilah cara untuk menghilangkan keinginan dan ketergantungan anda pada rokok.

Junk Food, No Way!

Makanan rendah kalori mungkin kurang enak jika dibandingkan burger lezat yang menggoda selera. Tapi coba pikirkan simpanan lemak yang mengalir ke dalam pembuluh darah kita setiap kali kita mengkonsumsi junk food.

Awas Polusi!

Sangat sulit untuk hidup dalam lingkungan yang bebas polusi. Meskipun demikian, kita dapat menghindari berada dalam ruangan berasap rokok, menghindari daerah-daerah padat lalu-lintas dan menghirup knalpot.

Hindari Minuman Beralkohol

Minum minuman beralkohol secara berlebihan dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Alkohol dapat menghabiskan kandungan nutrisi, meningkatkan tekanan darah, menurunkan gairah seksual, merusak otak, sel jantung dan hatidan berbagai penyakit serius lainnya.

Istirahatlah Yang Cukup

Tubuh kita ibarat mesin yang juga membutuhkan istirahat. Jangan abaikan sinyal dari tubuh kita sekalipun anda sedang menghadapi deadline tugas. istirahat juga tidak terbatas pada aktivitas fisik melainkan psikhis juga. Ada hubungan yang erat antara hidup baik dan sehat dengan cara memandang hidup yang positif. Stress dapat diredam dengan melakukan aktifitas-aktifitas yang kita sukai seperti membaca, menonton film komedi, ke salon, mendengarkan musik atau bermeditasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar