Sabtu, 07 November 2009

Ayo kita menanam pohon...!


"Jika engkau berpikir untuk satu tahun ke depan, semailah sebiji benih. Jika engkau berpikir untuk sepuluh tahun ke depan, tanamlah sebatang pohon"


Kalimat di atas berasal dari pepatah Cina yang konon sudah ada sejak 500 tahun sebelum Masehi. Ternyata, sejak dulu nenek moyang kita sudah menyadari arti penting sebuah pohon bagi kehidupan manusia. Alangkah ironisnya kalau zaman sekarang, disaat lingkungan kian tercemar, jumlah manusia yang semakin padat dan makin sempitnya lahan hijau yang tersisa, kita tidak berusaha menanam sebatang pohonpun di pekarangan rumah kita yang terbatas. Malah kita menutupi lahan pekarangan kita dengan beton.

Tahukah anda bahwa betapa pentingnya pohon bagi kehidupan kita?

1.Pohon dapat mengurangi efek rumah kaca.
Efek rumah kaca disebabkan oleh polutan gas CO2 yang lepas ke udara dan terakumulasi di atmosfir. Pohon adalah penyerap CO2 yang "rakus". Sebatang pohon dapat menyerap 6 kg CO2/th. Dan pohon akan mencapai kemampuan maksimalnya menyerap CO2 pada usia sekitar 10 tahun.

2.Pohon dapat meningkatkan kualitas air tanah.

Pepohonan dapat mengurangi aliran permukaan (run-off), karena akarnya menyerap air yang jatuh ke tanah. Semakin banyak air yang terserap, akan memperbaiki kualitas dan kuantitas air tanah itu sendiri

3.Pohon dapat mengurangi erosi tanah.
Saat hujan turun, akar pohon akan menyerap air. Jika air tidak diserap, maka lapisan tanah akan terbawa air, khususnya lapisan atas yang paling subur.

4.Pohon dapat mendinginkan lingkungan.
Pernahkan anda merasakan sejuknya berada di dekat rerimbunan pohon di siang hari? Itu karena pohon menghasilkan oksigen yang bisa memberikan rasa sejuk. Rasa sejuk juga timbul karena naungan pohon menghindari kita dari sengatan matahari secara langsung.

5.Pohon dapat menyuburkan tanah.
Daun-daun kering yang jatuh dari pohon ketika melapuk dan membusuk akan membentuk lapisan humus yang menyuburkan tanah dan meningkatkan kualitas media tanam bagi tanaman lainnya.

6.Pohon dapat membantu pertumbuhan tanaman lain yang lebih kecil.

Keberadaan pohon menciptakan iklim mikro yang membuat lingkungan hidup bagi tanaman-tanaman lain lebih nyaman karena mengurangi terpaan angin dan panas yang dapat menimbulkan stress bagi tanaman.

7.Pohon menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi. Tentu saja kita tidak perlu mengeluarkan kocek ekstra untuk membeli buah, karena bisa kita petik dari halaman sendiri.

8.Pohon dapat menjadi terapi penyembuhan.
Menurut penelitian di Amerika Serikat, pasien yang ruang perawatannya menghadap taman akan lebih cepat sembuh dibanding pasien yang ruang perawatannya menghadap tembok. Kegiatan menanam pohon diyakini juga dapat menghilangkan stress yang timbul dari pekerjaan, disamping menyehatkan tubuh karena aktivitas bercocok tanam akan membakar kalori kita.

9.Pohon mencegah pendangkalan badan air.

Pepohonan yang ditanam didekat badan air seperti sungai dapat mencegah pendangkalan dan penyempitan badan air. Erosi oleh aliran permukaan akan membawa tanah lalu mengendapkannya di badan sungai, danau dan laut. Selain itupohon yang tumbuh di dekat air (misalnya jenis tanaman bakau) menyediakan habitat ideal bagi hewan laut.

Jadi, mulai sekarang mari kita bersama-sama menghijaukan lingkungan tempat tinggal bagi kelangsungan hidup anak cucu kita kelak. Go green..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar