Kamis, 19 November 2009

Tanya Jawab Seputar Vitamin C


Sebagian besar orang mungkin sudah tahu manfaat vitamin C bagi tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Hanya itukah? Sejauh manakah pemahaman anda seputar vitamin C? Yuk kita simak tanya jawab seputar vitamin C berikut:

Dapatkan Vitamin C Meningkatkan Vitalitas Fisik?

Jika mempunyai kadar normal vitamin C dalam darah, vitalitas fisik tidak akan meningkat dengan penambahan asupan vitamin C. Jika kadarnya di bawah normal, maka tambahan asupan vitamin C sangat dianjurkan.

Apakah Betul Seorang Perokok Lebih Banyak Membutuhkan Vitamin C?

Ya, suatu penelitian menunjukkan perokok berat (paling sedikit 20 batang perhari) membutuhkan vitamin C 40% lebih banyak daripada mereka yang bukan perokok. Vitamin C mampu memerangi radikal bebas yang diakibatkan oleh rokok.

Apakah Vitamin C Dapat Menyebabkan Pembentukan Batu Pada Ginjal?

Berdasarkan penelitian Vitamin C dosis tinggi (1000mg) tidak menyebabkan batu pada ginjal (tidak ditemukan pada urine).

Apakah Suplemen Vitamin C Dapat Menyebabkan Sakit Maag?

Penyakit maag dapat disebabkan oleh makan yang tidak teratur, makan yang merangsang sistem pencernaan (terlalu pedas) dan stress yang merangsang produksi asam lambung yang berlebihan. Untuk mencegah kemungkinan timbulnya ketidaknyamanan pada lambung, dianjurkan tidak mengkonsumsi vitamin C dalam keadaan perut kosong.

Seperti Apakah Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin C?

Kekurangan vitamin C pada tubuh dapat menimbulkan kelelahan, tekanan darah tinggi, lambatnya proses penyembuhan luka atau memar, rambut rapuh dan kulit menjadi kasar atau kering. Pada ibu hamil konsumsi vitamin C yang rendah dapat mengakibatkan kelahiran dini dan pendarahan setelah kelahiran dini.

Amankah Mengkonsumsi Suplemen Vitamin C Setiap Hari?
Vitamin C larut dalam air sehingga kita dapat mengkonsumsinya dalam dosis tinggi tanpa efek samping yang membahayakan. Jika terjadi kelebihan dosis, akan dikeluarkan dengan mudah lewat urine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar