Kamis, 26 November 2009

Bagaimana Membuat Minuman Yang Sehat?


Air putih adalah minuman yang paling sehat. Namun demikian, masyarakat kita dikenal menyukai minuman yang manis-manis. Lalu apakah minuman manis bisa diminum buat yang sedang berdiet? Jawabnya, tergantung! Kalau yang diminum mengandung gula tentu perlu dipertimbangkan. Karena 1 sendok makan gula pasir mengandung 50 kalori. Kalau begitu apakah kita harus menghindari minuman manis? Tidak juga! Kalau rasa manis diperoleh dari sari buah dan bukan gula, tentu saja boleh. Syarat lainnya minuman tersebut harus kaya gizi dan serat. Bagaimana tips membuat minuman yang sehat, kaya gizi dan serat?

1. Buat minuman dari buah yang cukup tinggi seratnya. Buah-buahan selain tinggi serat juga berkalori rendah. Misalnya, anggur, belimbing, pear dan strawberry.

2. Tidak perlu menambahkan gula pada minuman tersebut. Manfaatkan saja rasa manis pada buah tersebut.

3. Gunakan blender untuk membuat juice, bukan juice ekstraktor yang hanya mengambil air buah, bukan seratnya.

4. Minum juice bersama ampasnya, jangan pernah meninggalkan ampasnya untuk dibuang.

5. Sayuran seperti kangkung, bayam, brokoli, wortel dan tomat juga cocok dijadikan juice. Khusus untuk kangkung, bayam, dan brokoli harus direbus dulu sebelum dicampur dengan buah untuk dijadikan juice supaya rasanya tidak langu.

6. Umumnya sayuran tidak hancur benar bila dijadikan juice. Tak perlu saring ampasnya. Ingatlah bahwa kita justru sedang berniat memasukkan serta ke dalam tubuh.

Jadi mudah bukan membuat juice yang sehat, kaya gizi dan serat? Silahkan mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar