Minggu, 31 Januari 2010

Sumatera Barat Akan Memilki Kebun Raya.

Sumber:LIPI
Masyarakat Sumatera Barat sebentar lagi boleh bergembira Karena tak lama lagi akan dibangun sebuah Kebun Raya (Botanical Garden) seperti yang terdapat di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Berita baik ini ini disampaikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui situs resminya.

Pembangunan Kebun Raya ini melibatkan kerjasama antara LIPI dengan Departemen Pekerjaan Umum. Lokasi yang dipilih adalah kawasan perkebunan di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Selama ini, lokasi tersebut dikenal sebagai kawasan wisata alam di Kabupaten Solok. Peninjauan lokasi telah dilakukan oleh Kepala Satker Non Vertikal Tertentu (SNVT) Sekretariat Jenderal Departemen PU, Yennel S.Suzia bersama Duta Kebun Raya, Ikang Fawzi.

Menurut Yennel, pembangunan kebun raya di Aripan merupakan program dari pemerintah pusat. Selama ini pemerintah melihat banyak kebun raya, cagar budaya dan objek wisata yang tidak begitu terkelola. Padahal, di kawasan tersebut memiliki potensi besar dan banyak keanekaragaman hayati di dalamnya. Semua keanekaramagan itu, jika tidak dilestarikan, maka akan musnah.

Di dalam kawasan wisata alam ini terdapat banyak keanekaragaman hayati. Pembangunan kebun raya ini akan sama halnya dengan Botanical Bali atau Kebun Raya Bogor. Bedanya Kebun Raya Bogor dengan Kebun Raya Aripan, Kebun Raya Aripan murni hasil karya bangsa sendiri, sedangkan Kebun Raya Bogor merupakan peninggalan pemerintahan Belanda dulu.

Pembangunan kebun raya ini direncanakan akan dilakukan dalam tahun ini juga, karena master plan kebun raya telah disiapkan DPU, sambil menunggu inpres dan kebijakan dari Pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Nantinya Kebun Raya Aripan akan dikelola sepenuhnya oleh pemerintah daerah.
Pembangunan kebun raya tersebut nantinya dirancang dalam bentuk rencana program jangka menengah (RPJM) dan rencana program jangka panjang (RPJP). Seiring waktu pembangunan, kebun raya tersebut sudah dapat dimanfaatkan sebagai kawasan penelitian dan rekreasi bagi umum maupun kalangan akademisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar