Senin, 08 Februari 2010

Pemanasan Global Pengaruhi Pertumbuhan Pohon


Sebuah laporan hasil penelitian yang dilakukan Smithsonian Environmental Research Center, menyatakan bahwa pemanasan global mempengaruhi pepohonan. Pertumbuhan pepohonan lebih cepat dibandingkan dengan data pada puluhan tahun yang silam.

Menurut laporan tersebut, tingginya suhu dan meningkatnya CO2 di atmosfir, kemungkinan menjadi penyebab utamanya. Selain itu perubahan iklim yang terjadi akibat pemanasan global juga mengakibatkan jangka waktu yang dibutuhkan setiap siklus musim berlangsung lebih lama, dan hal ini juga mendorong pertumbuhan pepohonan mempunyai waktu yang lebih dari cukup.

Para ilmuwan mengumpulkan data dari 55 pohon di hutan-hutan yang berbeda di sepanjang Amerika Serikat bagian timur dan membandingkannya dengan pengukuran-pengukuran iklim selama 100 tahun serta data emisi karbon. Mereka juga berpendapat bahwa tingginya karbon di atmosfir membantu tanaman dalam proses fotosintesisnya, sementara temperatur yang tinggi mempercepat metabolisme. Mereka juga menegaskan bahwa penelitian lebih jauh masih diperlukan untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

Meski tampaknya pertumbuhan pepohonan yang cepat tersebut mengindikasikan hal positif, tetapi faktanya setiap ada perubahan alami dari suatu organisme bagian dari ekosistem berpotensi untuk mengacaukan keseimbangan yang ada.
[Ambiente Brasil]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar