Kamis, 11 Februari 2010

Cina Selesaikan Pembuatan Gedung Perkantoran Terbesar Di Dunia Bertenaga Surya


Cina kembali menunjukkan salah satu komitmennya untuk berpartisipasi dalam mengurangi dampak pemanasan global dengan telah selesai dibangunnya sebuah gedung yang memanfaatkan energi surya untuk menyuplai kebutuhan energi listriknya.

Gedung yang berlokasi di Dezhou, propinsi Shangdong di barat daya Cina, tersebut menempati areal seluas 75.000 meter persegi dan merupakan gedung terbesar dengan surya sebagai sumber energi. Di dalamnya terdapat berbagai ruangan antara lain pusat pameran dan eksibisi, fasilitas riset ilmiah, fasilitas pertemuan dan pelatihan dan sebuah hotel.

Desain gedung tersebut menggambarkan pentingnya mencari sumber-sumber energi terbarukan sebagai pengganti bahan bakar fosil. Bahkan untuk mempertegas keramahan lingkungannya, struktur luar bangunan yang hanya menggunakan baja sebanyak 1% dibuat agar bisa menjadi sarang bagi burung untuk bersarang. Sedangkan untuk menghemat energi, penyekat atap dan dinding dengan teknologi terbaru digunakan untuk menghasilkan penghematan sebesar 30%.

Gedung yang digunakan untuk 4th World Solar City Congress, telah mempatenkan beberapa teknologi penghematan energi dan teknologi energi suryanya.[china.org]

1 komentar:

  1. bozz tuker link bozz sama follow blog bozz ni blog aq http://cahyowicaksono.blogspot.com/

    BalasHapus