Kamis, 29 Oktober 2009

Berat Badan Normal? Mau Dong.........


Sebagian besar dari kita tentu takut menjadi gemuk. Rasanya, tak satu orangpun yang kagum pada tubuh yang berlapis-lapis lemak. Selain rawan penyakit, umumnya orang (terutama kaum hawa) ingin menurunkan berat badan semata-mata untuk tujuan kecantikan saja.

Kalau alasan utamanya hanya buat penampilan, sangat disayangkan dan jadi kurang kuat motivasinya lho. Semestinya yang menjadi motivasi kuat adalah keinginan untuk memiliki tubuh yang sehat, karena dari tubuh yang sehat jiwa kita (soul) akan berpengaruh ke arah yang positif juga.
Betul nggak??

Nah,motivasi yang kurang kuat untuk menurunkan berat badan malah sering membawa kegagalan dalam usaha kita menurunkan berat badan. Kalaupun berhasil, hanya bersifat sementara kemudian tubuh melebar kembali. Kunci utama menurunkan berat badan harus didasari pada kehendak menyehatkan tubuh, karena dibalik lapisan lemak yang bertumpuk-tumpuk itu tersembunyi penyakit mematikan. sebut saja, jantung, hipertensi, diabetes, stroke bahkan kanker. Waduh..!!

Penyakit-penyakit di atas amat sulit diobati. Jauh lebih mudah dihindari daripada disembuhkan dan tentunya tidak membutuhkan biaya besar. Salah satu caranya dengan mempunyai berat badan normal. Berat badan normal normal bisa kita capai dengan menerapkan pola hidup yang sehat seperti mengatur pola makan yang tepat yakni konsumsi makanan rendah kalori dengan gizi seimbang dalam jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh, peningkatan aktifitas fisik seperti olahraga, perilaku hidup sehat bahkan bila diperlukan dapat dibantu dengan pengobatan.

Nah kalau kita sudah bisa menerapkan pola hidup sehat seperti diatas, jangan lalu mandek setelah kita mempunyai mempunyai berat badan normal. Bila lupa diri, berat badan yang semula bakal kembali lagi, bahkan bisa lebih dari berat badan semula. Belum lagi penyakit yang mengintai. Kuncinya adalah disiplin diri dalam menjalankan pola hidup sehat.

Nah, mulai sekarang ubah mindset kita. Berat badan normal OK, gemuk No Way..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar