Sabtu, 31 Oktober 2009

Bagaimana Mengenali dan Mengoptimalkan Kecerdasan Anak?




Konon sejak lahir, setiap manusia dianugerahi delapan jenis kecerdasan. Hanya sayangnya, banyak dari kita kurang menyadari anugerah yang diberikan Tuhan atau lebih tepatnya tidak tahu bagaimana cara mengembangkan kecerdasan itu sendiri. Memang dari delapan kecerdasan itu, tidak semua menonjol ada dalam diri seorang manusia. Mungkin hanya tiga atau empat buah saja yang menonjol.

Sebagai orang tua, sebaiknya sejak dini kita sudah belajar mengenali bakat atau kecerdasan apa yang menonjol dari anak kita. Sehingga orang tua tidak salah dalam mengembangkan potensi anak bahkan terkesan memaksakan kehendaknya terhadap bidang tertentu. Yuk kita simak bersama.........

Kecerdasan Linguistik

Cara berfikir: Melalui kata-kata
Kegemaran: Membaca, menulis, bercerita, bermainpermainan kata-kata
Kebutuhan: Buku, alat rekam, alat tulis, kertas, buku harian, dialog, diskusi debat,
cerita.

Kecerdasan Matematis-Logis

Cara berfikir: Melalui penalaran
Kegemaran: Bereksperimen, tanya jawab, memecahkan teka-teki logis, berhitung
Kebutuhan: Bahan-bahan untuk bereksperimen, materi sains,kegiatan manipulatif,
kunjungan planetariun dan museum pengetahuan.

Kecerdasan Visual-Spasial

Cara berfikir: Melalui kesan dan gambar
Kegemaran: Mendesain, menggambar, membayangkan, mencoret-coret.
Kebutuhan: Seni, LEGO, video, film, slide game imajinasi, labirin, teka-teki, buku yang berisi banyak ilustrasi, kunjungan ke museum seni.

Kecerdasan Kinestetis-Jasmani

Cara berfikir: Melalui sensasi somatis.
Kegemaran: Menari, berlari, melompat, membuat bangunan, meraba, menggerakkan isyarat tangan.
Kebutuhan: Bermain drama, bergerak, benda rakitan, olahraga atau permainan fisik yang behubungan dengan indra peraba, belajar dengan cara yang terlibat langsung.


Kecerdasan Musikal:


Cara berfikir: Melalui irama dan melodi.
Kegemaran: Bernyanyi, bersiul, bersenandung, mengetuk-ngetukkan tangan dan kaki, mendengarkan.
Kebutuhan: Waktu bernyanyi bersama, kunjungan ke konser musik, musik di sekolah dan di rumah, alat musik.

Kecerdasan Interpersonal:

Cara berfikir: Dengan cara melemparkan gagasan pada orang lain.
Kegemaran: Memimpin, mengorganisasi, menghubungkan, menebarkan pengaruh, menjadi mediator, berpesta.
Kebutuhan: Teman-teman, permainan kelompok, pertemuan sosial, perlombaan atau peristiwa sosial, perkumpulan penasehat atau magang.

Kecerdasan Intrapersonal:

Cara berfikir: Berhubungan dengan kebutuhan, perasaan.
Kegemaran: Menyusun tujuan, bermeditasi, melamun, merencanakan, merenung.
Kebutuhan: Tempat rahasia, waktu menyendiri, proyek yang direncanakan sendiri.

Kecerdasan Naturalis


Cara berfikir: Cita-citanya melalui alam.
Kegemaran: Bermain dengan binatang peliharaan, berkebun, meneliti alam, peduli pada lingkungan.
Kebutuhan: Pilihan akses ke alam, kesempatan untuk berinteraksi dengan binatang,peralatan untuk meneliti alam (mis:kaca pembesar, teropong).

Labels: kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan kinestetis-jasmani, kecerdasan linguistik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasan musikal, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan naturalis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar