Sabtu, 19 Maret 2011

Jangan Buang Kulit Pisang Sembarangan, Buang Di Air Yang Tercemar Logam Berat


Jika dahulu seringkali kita mendengar peringatan "jangan membuang kulit pisang sembarangan", kemungkinan karena hal tersebut membahayakan orang lain. Tetapi sekarang peringatan tersebut bisa dilihat bukan dari akibat yang dihasilkannya bagi orang lain, melainkan keuntungannya bagi lingkungan.

Kulit pisang belakangan diketahui memiliki banyak manfaat. Diantaranya selain sebagai obat tradisional untuk kutil, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sepatu kulit menjadi lebih berkilau.

Masih ada satu lagi manfaat baru kulit pisang yang belum lama ini dipublikasikan di jurnal American Chemical Society. Menurut laporan dalam jurnal tersebut, kulit pisang mempunyai kemampuan untuk memisahkan logam berat dari air sungai.

Gustavo Castro dan beberapa rekannya mendapati bahwa kulit pisang yang dicincang halus bisa dengan cepat memisahkan timah dan tembaga dari air sungai. Menurutnya, dengan menggunakan kulit pisang, hasilnya sama efektifnya atau dalam beberapa kasus lebih baik dari metode yang ada saat ini.

Dalam eksperimennya, tim riset dari Instituto de Biociências de Botucatu di Universidade Estadual Paulista, Brazil juga mendapati bahwa perangkat dengan kulit pisang yang digunakan untuk mengolah air limbah bisa digunakan hingga 11 kali tanpa kehilangan kemampuan untuk membersihkannya.

Tampaknya, pemakaian kulit pisang untuk memurnikan air merupakan metode yang efektif baik dari segi biaya maupun hasil yang didapatkan, daripada dibuang sembarangan dan membahayakan orang lain.
sumber:american chemical society(planethijau.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar